Thursday, April 10, 2014

Cara Instal Aplikasi Viber di Ubuntu 13.10/14.04 versi 32bit dengan WINE


Hai lagi para pembaca semuanya, mbah mau berbagi ilmu lagi nih. Sudah tahu aplikasi Chat + Telepon yang sedang booming saat ini yang memiliki fungsi seperti Skype? Yup, "Viber". Viber merupakan aplikasi chatting (berkirim pesan) dan calling (bertelepon) secara gratis tapi gratis disini maksudnya tidak menggunakan pulsa standar untuk sms ataupun telepon namun menggunakan pulsa internet (paket data). Jangan anggap fasilitas chat dan teleponnya standar seperti sms atau teleponan biasa, dengan chat bisa lebih cepat dan mudah, selain itu fasilitas call free juga lebih jernih suaranya atau lebih bahasa kerennya tidak ada noisenya. 


Viber is a proprietary cross-platform instant messaging voice-over-Internet Protocol application for smartphones developed by Viber Media. In addition to text messaging, users can exchange images, video and audio media messages. The client software is available for Mac OSAndroidBlackBerry OSiOSSeries 40SymbianBadaWindows Phone, and Microsoft Windows. A Linux version is in development, with a public beta released. Viber works on both 3G/4G and Wi-Finetworks. It first requires installation on a phone in order to work on a desktop operating system environment. Viber reached 200 million users as of May 7, 2013. (sumber : en.wikipedia.org/wiki/Viber)


Situs resmi Viber : http://www.viber.com/

Yang jadi masalah disini Viber hanya tersedia pada beberapa platform yaitu Android OS, iOS, BB OS, Win Phone, Symbian, Bada, Mac OS, Windows, dan khusus Linux hanya tersedia pada versi 64 bit. Untuk itu, jalan alternatifnya dengan bantuan program Wine untuk menjalankan Viber versi desktop Windows di Linux. Langkahnya sebagai berikut. Cekidot!

Langkah - langkah :

1. Instal program Wine di Linux kalian.
sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.7 winetricks
2. Buka terminal ( Ctrl + Alt + T )
wget http://download.cdn.viber.com/cdn/desktop/windows/ViberSetup.exe
wine ViberSetup.exe
3. Tunggu proses instalasi Viber hingga selesai.
4. Jika sudah, ikuti petunjuk yang tersedia untuk pembuatan akun.
5. Viber siap digunakan, selamat berchatting ria. ^_^

SEMOGA BERMANFAAT

sumber :  http://askubuntu.com/questions/366587/how-to-install-viber-on-ubuntu-13-10-32bit (dengan perubahan secukupnya)


EmoticonEmoticon