Friday, August 29, 2014

Telegram (Pengganti WhatsApp Yang Kadaluarsa)



Siang, Apa kabar semuanya? Mbah ada info menarik buat kalian para chattingers (halah..) yang modal pas-pasan dan pinginnya serba gratis. Oia, sebelumnya mbah mau tekankan semua artikel di blog ini mbah buat sendiri dan kalaupun co-pas pasti mbah cantumkan sumbernya. Remember It! Back to topic, WA atau yang dikenal dengan WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang diakuisisi oleh perusahaan Facebook. Dimana aplikasi ini tidak menawarkan iklan sehingga sangat nyaman digunakan tapi ada syaratnya pengguna hanya diberi gratis 1 tahun penggunaan setelah itu kita diharuskan membayar jika ingin tetap menggunakannya. Banyak beberapa teman mbah mengalami akun WA yang kadaluarsa dan akhirnya gak pake WA lagi. Selain itu, fitur mute hanya bertahan beberapa waktu jadi setelah itu akan muncul notifikasi yang banyak jika menggunakan grup chat. Nah, yang penting yaitu saat grup chat hanya dibatasi hingga 50 orang member saja.

Menurut pengalaman mbah dan saran dari seorang temen satu jurusan Ilmu Komputer UGM (mana suaranya!!!) nyaranin buat migrasi ke Telegram karena jumlah anggota jurusan lebih dari 50 orang, Nah, setelah dicoba memang mirip sekali aplikasi Telegram ini dengan WA (WhatsApp) tapi yang membedakannya sangat banyak. Aplikasi Telegram tidak memuat iklan seperti WA selain itu aplikasi ini sangat-sangat ringan menurut mbah, bahkan aplikasi ini bisa dibuat sangat ringan dengan menghilangkan transition atau efek transisinya. Juga, aplikasi ini bisa menonaktifkan notifikasi tanpa batasan waktu. Dan juga dalam hal group chat, aplikasi ini mampu menampung hingga 200 orang member chat. Kelebihan yang lain aplikasi ini menampilkan siapa saja yang dalam kondisi online, typing, dan lainnya. Yang terpenting dari aplikasi ini yaitu GRATIS tanpa berbayar apapun pokoknya tidak isi in-app purchase. Dalam hal chat, sangat cepat kecuali memang koneksi kalian yang gangguan.

Kelebihan-kelebihan lain dari aplikasi yaitu sifatnya all platform, maksudnya adalah bisa digunakan via PC (Windows, Linux, MacOS), Android, iOS, BlackberryOS, Symbian, dan lainnya. Untuk download aplikasi dan informasi lengkapnya bisa cek di web berikut https://telegram.org/apps. Untuk kekurangannya yang mbah rasakan mungkin dalam mengirimkan foto, dimana kualitasnya agak menurun tapi tidak terlalu bermasalah karena masih bisa dikatakan tidak begitu buruk mungkin 1 tingkat dibawah aplikasi WhatsApp. Sekian artikel yang mbah bisa berikan informasinya. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Terima Kasih.

SELAMAT MENCOBA


EmoticonEmoticon